Bariyyah, Khaerul (2020) Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penghimpunan dan penyaluran dana pada BMT Al-Iqtishady Pagesangan Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Khaerul Bariyyah 160205172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (872kB)

Abstract

INDONESIA Baitul mal wat tamwil (BMT) merupakan sebuah lembaga keuangan mikro yang dioperasikan dengan prinsip bagi hasil yang bertujuan untuk mengembangkan bisnis usaha mikro. kegiatan pada BMT adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat. Penyaluran dana pada Baitul mal wat tamwil (BMT) seperti, pemberian pembiayaan kepada anggota yang membutuhkan tambahan modal atau pembiayaan lainnya. Dalam meningkatkan penghimpunan dan penyaluran dana, BMT Al-Iqtishady perlu melakukan strategi pemasaran terhadap produk yang ditawarkan kepada anggota dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk dan jasa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan BMT Al-Iqtishady Pagesangan Mataram dalam meningkatkan penghimpunan dan penyaluran dana, adapun penelitian ini dilaksanakan di BMT Al-Iqtishady Pagesangan. Dalam penelitian metode yang digunakan adalah penelitian kulaitatif yang bersifat deskriftif yang mengahsilkan data berupa dokumen dan kata-kata tertulis dari objek yang diteliti, sumber data yang digunakan pada penelitian yang digunakanprimer dan sekunder, teknik pengumpula data di lakukan dengan cara melakukan observasi ke Baitul mal wat tamwil (BMT), wawancara dengan karyawan dan staf yang dilakukan dengan teknik wawancara bebas (tidak terstruktur), dan kemudian mengumpulkan dokumen yang berkaitan dengan Baitul mal wat tamwil (BMT). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan penghimpunan dan penyaluran dana pada BMT Al-Iqtishady melalui menyediakan kualitas Produk, price, place, promosi. Dalam melakukan promosi BMT Al-Iqtishady melakukannya melalui strategi jemput bola, media social, dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keuangan mikro; pembiayaan; penyaluran dana
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:44
Last Modified: 28 Jun 2022 01:44
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2634

Actions (login required)

View Item View Item