Fakhriansyah, Fakhriansyah (2021) Respons bank syariah terhadap undang-undang no. 8 tahun 2016 dalam pengembangan produk dan peningkatan mutu pelayanan bagi nasabah penyandang disabilitas: studi kasus BNI Syariah Cabang Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fakhriansyah 160205154.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman respons Bank BNI Syariah Cabang Mataram tehadap UndangUndnag No.8 Tahun 2018 dalam pengembangan produk dan meningkatkan mutu pelayanan terhadap nasabah disabilitas. Bank BNI Syariah sebagai lembaga yang tunduk terhadap pertaruan negara dan agama yang mana kedua hukum tersebut berbicara mengenai hak disabilitas. Pun dengan pencaiapaian yang diraih bank BNI Syariah dalam hal kualitas pelayanan sudah semestinya memili dan menjangkau pelyanan yang ramah bagi dissabilitas. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan menngambarkan hasil penelitian apa adanya. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan tekhnik analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, yang mencangkup pengumpulan data,reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan, Validasi data dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas, uji keterahilan, uji ketergantungan, dan uji kepastian. Validasi data Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau teks yang kemudian diolah dalam narasi. Subyek dalam penelitian ini adalah, Opertaiona Manager, Head CS di Bank BNI Syariah KC. Cakaranegara Mataram sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah seluruh kegiatan yang berkaitan dengan respons Bank BNI Syariah terhadap UU No.8 Tahun 2016 tentang disabilitas terhadap pengembangan produk dan meingkatkan mutu pelyanan nasabh disabilitas Hasil dari penelitian ini adalah Bank Bni Syariah Kc. Cakranegara Mataram masih belum terkait UU No.8 Tahun 2016 tentang penyandnag disabilitas dikarena belum mengetahui dan mendalaimi isi, tujuan dan masnfaat dari hukum tersebut. Bank BNI Syariah juga memberikan respons yang baik terhadap Undnag-undang tersebut, dibuktikan dengan sikap dan Tindakan BNI Syariah dalam hal produk dan pelayanan yanga mudah dan aman bagi nasabah disabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bank syariah; produk; penyandang disabilitas
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:13
Last Modified: 27 Jun 2022 02:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2625

Actions (login required)

View Item View Item