Laudin, Safrisal (2014) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media komputer pada mata pelajaran IPS di kelas IV MI NW Dasan Agung tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Mataram.

[img] Text
Safrisal Laudin 151099106.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)
[img] Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (230kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan media komputer pada mata pelajaran IPS di kelas IV MI NW Dasan Agung tahun pelajaran 2014/2015 . Penggunaan media komputer dalam kegiatan pembelajaran diharapkan mampu menumbuhkan kerjasama siswa dalam menyelesaikan permasalahan atau tugas yang diberikan oleh pendidik demi tercapainya tujuan bersama . Adapun tujuan khusus peneliti menggunakan media komputer ini dengan bertujuan agar siswa - siswi belajar lebih aktif , berfikir lebih kritis , lebih berpartisipasi dalam proses belajar , serta mampu berinteraksi satu sama lain . untuk itulah perlu dilaksanakan suatu penelitian dengan harapan dapat memperbaiki serta meninggkatkan kualitas pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS . Dalam melakukan penelitian ini , metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas siswa madrasah ibtidaiyah dan kegiatan guru selama proses pembelajaran berlangsung . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menilai proses dan kuantitatif untuk menilai hasil dari penerapan media komputer wawancara dan tes yang digunakan untuk dibandingkan dengan nilai yang dicapai oleh anak - anak lain atau dengan nilai standar yang ditetapkan . Adapun faktor yang di teliti yaitu aktivitas siswa kelas IV MI NW Dasan Agung dengan jumlah 29 siswa dan aktivitas guru , proses dan hasil pembelajaran . Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi , wawancara , tes , dan dokumentasi . Dari hasil penelitian maka hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata - rata sebesar 63,10 yang dimana dengan presentase ketuntasannya mencapai 44,82 % . Kemudian pada siklus II dengan nilai rata - rata 77,58 dengan presentase ketuntasannya mencapai 89,65 % . Hal ini dapat disimpulkan bahwa pada siklus I dan siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa yakni 44,83 % .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; media belajar; media komputer
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:36
Last Modified: 20 Sep 2022 02:57
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2596

Actions (login required)

View Item View Item