Laudin, Safrisal (2014) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media komputer pada mata pelajaran IPS di kelas IV MI NW Dasan Agung tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Mataram.
![]() |
Text
Safrisal Laudin 151099106.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
![]() |
Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (230kB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan media komputer pada mata pelajaran IPS di kelas IV MI NW Dasan Agung tahun pelajaran 2014/2015 . Penggunaan media komputer dalam kegiatan pembelajaran diharapkan mampu menumbuhkan kerjasama siswa dalam menyelesaikan permasalahan atau tugas yang diberikan oleh pendidik demi tercapainya tujuan bersama . Adapun tujuan khusus peneliti menggunakan media komputer ini dengan bertujuan agar siswa - siswi belajar lebih aktif , berfikir lebih kritis , lebih berpartisipasi dalam proses belajar , serta mampu berinteraksi satu sama lain . untuk itulah perlu dilaksanakan suatu penelitian dengan harapan dapat memperbaiki serta meninggkatkan kualitas pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS . Dalam melakukan penelitian ini , metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas siswa madrasah ibtidaiyah dan kegiatan guru selama proses pembelajaran berlangsung . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menilai proses dan kuantitatif untuk menilai hasil dari penerapan media komputer wawancara dan tes yang digunakan untuk dibandingkan dengan nilai yang dicapai oleh anak - anak lain atau dengan nilai standar yang ditetapkan . Adapun faktor yang di teliti yaitu aktivitas siswa kelas IV MI NW Dasan Agung dengan jumlah 29 siswa dan aktivitas guru , proses dan hasil pembelajaran . Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi , wawancara , tes , dan dokumentasi . Dari hasil penelitian maka hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata - rata sebesar 63,10 yang dimana dengan presentase ketuntasannya mencapai 44,82 % . Kemudian pada siklus II dengan nilai rata - rata 77,58 dengan presentase ketuntasannya mencapai 89,65 % . Hal ini dapat disimpulkan bahwa pada siklus I dan siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa yakni 44,83 % .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; media belajar; media komputer |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 03:36 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 02:57 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |