Horiah, Horiah (2016) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media LCD proyektor pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN 1 Perina Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Horiah 151129172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (230kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Media LCD Proyektor pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 1 Perina Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK). Penelitan ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dan observer. Penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes tulis, dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk menentukan ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 11 peserta didik pada siklus I pembelajaran menggunakan media LCD Proyektor terdapat 7 peserta didik berhasil mencapai nilai ≥ 70 dengan presentasi ketuntasan klasikal 64% dan rata-rata hasil belajar 79,09. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus I secara klasikal peserta didik belum tuntas sebab peserta didik yang memperoleh nilai ≥ 70 lebih kecil dari presentasi ketuntasan klasikal yang dikehendaki yaitu 70%. Sementara pada siklus II diperoleh data ketuntasan klasikal sebesar 93% atau 10 peserta didik memperoleh nilai ≥ 70 dengan rata-rata hasil belajar 90,55. Hasil pada siklus II tersebut menunjukkan secara klasikal peserta didik sudah tuntas, sebab peserta didik yang memperoleh nilai ≥ 70 lebih besar dari ketuntasan klasikal yang dikehendaki yaitu 90% lebih dari yang diharapkan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan media LCD Proyektor dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 1 Perina Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; media belajar; hasil belajar; media lcd proyektor
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:21
Last Modified: 10 Jun 2022 08:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2474

Actions (login required)

View Item View Item