Nastiawati, Fifi (2021) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan produk gadai (rahn) di pegadaian syariah: studi kasus di CPS Pasar Renteng. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fifi Nastiawati 170501129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktorapa saja yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan produk gadai(Rahn)di pegadaian syariah CPS Pasar Renteng karena dilihat dari semakin meningkatnya nasabah yang melakukan transaksi gadai.Adapun faktor-faktor yang difokuskan terdiri dari faktor lokasi, faktor harga, faktor promosi, dan faktor aspek syariah.keempat faktor tersebut diperoleh dari teori dan riset yang dijadikan sebagai rujukan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian metode survey dengan pendekatan kuantitatif, adalah penelitian yang dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada para nasabah yang dijadikan responden.Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dari nasabah CPS Pasar Renteng.Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling.Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 16 dengan teknik analisis data yang dipakai antara lain uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi logistik, uji kesesuaian model dan uji parsial, serta uji serentak. Dari hasil penelitian uji serentak menunjukkan bahwa faktor lokasi, faktor harga, faktor promosi dan faktor aspek syariah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk gadai (rahn) di CPS Pasar Renteng dilihat dari nilai Chi-Squaresebesar 65,465dengan tingkat signifikansi 0,000. kemudian hasil uji parsial (uji Wald) menunjukkan faktor lokasi, faktor promosi dan faktor aspek syariah berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk gadai (rahn)dengan signifikansi < 0,05, artinya bahwa letak pegadaian syariah yang cukup strategis, seringnya promosi melaui media sosial/online atau karyawan langsung serta kepahaman masyarakat akan aspek syariah dalam transaksi gadai, maka akan berpengaruh pada nasabah yang menggunakan produk gadai (rahn) di pegadaian syaria CPS Pasar Renteng.Sedangkan untuk faktor harga memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk gadai (rahn)dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,400 > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: nasabah; gadai; rahn
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 18 May 2022 09:22
Last Modified: 18 May 2022 09:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item View Item