Maharani, Baiq Siti (2016) Penerapan strategi pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan aktivitas bertanya pada siswa kelas VII SMPN I Kayangan pokok bahasan pencemaran Lingkungan Tp. 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Baiq Siti Maharani 151125175.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

INDONESIA Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi pembelajaran team quiz untuk meningkatkan Aktivitas bertanya pada siswa kelas VII SMPN I Kayangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran team quiz untuk meningkatkan Aktivitas bertanya pada siswa kelas VII SMPN I Kayangan pokok bahasan pencemarran lingkungan tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN I Kayangan kelas VII Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 112 orang terdiri dari 4 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII 3 dengan jumlah siswa 27 orang terdiri dari, 14 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitin ini dilaksanakan dalam 3 (Tiga) siklus, apabila siklus 1 belum tuntas maka dilanjutkan dengan siklus 2 begitu seterusnya sampai siklus ke 3. Setiap siklus terdiri dari empat (Empat) tahapan yaitu : 1) perencanaan, 2)pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Pedoman observasi yang dilakukan yakni observasi keterlaksanaan RPP dan observasi Aktivitas bertanya pada siswa. Data yang diperoleh berupa skor hasil keterlaksanaan RPP dan Aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan Aktivitas bertanya pada siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran team quiz dari tiap-tiap siklus dengan prsentase yaitu untuk keterlaksanaan RPP siklus 1 (satu) 71% kategori tergolong baik, siklus 2 (dua) 92% kategori tergolong sangat baik dan siklus 3 (tiga) 96% tergolong kategori sangat baik. Untuk Aktivitas bertanya pada siswa siklus 1 (satu) 48% tergolong dalam kategori cukup baik, kemudian siklus 2 (dua) 67% tergolong kategori baik dan siklus ke 3 (tiga) 84% tergolong kategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode team quiz dapat meningkatkan Aktivitas bertanya pada siswa kelas VII SMP I Kayangan pokok bahasan pencemaran lingkungan tahun pelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran; team quiz; pencemaran lingkungan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ika Merdeka Wati
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:30
Last Modified: 16 Jun 2021 02:31
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item