Andriyani, Meyyana (2021) Problematika guru dalam mengembangkan media pembelajaran pada muatan bahasa indonesia di MI NW Nurul Harmain Narmada Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Meyyana Andriyani 170106045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa keingin tahuan peneliti terhadap problematika guru dalam mengembangkan media pembelajaran di MI NW Nurul Haramain. Focus yang dikaji dalam penelitian ini adalah ( ) bagaimanakah problematika guru dalam mengembangkan media pembelajaran pada muatan bahasa Indonesia ? ( ) apa saja kendala guru dalam mengembangkan media pembelajaran pada muatan bahasa Indonesia? ( ) bagaimana solusi yang dilakukan guru dalam mengembangkan media pembelajaran?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Dengan melakukan pengecekan keabsahan data melalui, perpanjangan keikutsertaan atau pengamatan, ketekunan atau keajegan pengamatan, trianggulasi. Sumber data dari hasil wawancara diperoleh melalui kepala madrasah dan guru-guru kelas di MI NW Nurul Haramain. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa (1 ) guru menggunakan media pembelajaran jika memang alat media pembelajaran tersedia dan sesuai dengan materi yang diajarkan. akan tetapi guru-guru masih kurang dalam mengembangkan media pembelajaran tersebut ( 2) kendala yang menjadi penghalang guru dalam mengembangkan media pembelajaran tersebut adalah, minimnya dana, keterbatasan waktu, kurangnya kreativitas guru dalam mengembangkan media media pembelajaran, materi yang susah dicarikan alat media pembelajaran (3 ) solusi atau upaya yang dilakukan oleh guru dalam menhadapi kendala tersebut dengan cara mencari informasi melalui internet tentang bagaimana cara mengembangkan media pembelajaran, dongeng, permainan di dalam kelas, berdiskusi dengan guru lainnya dan mengikuti seminarseminar tentang bagaiamana cara mengembangkan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media belajar; metode belajar; guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 08 Apr 2022 01:42
Last Modified: 08 Apr 2022 01:42
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2347

Actions (login required)

View Item View Item