Aafini, Diniyati (2019) Penggunaan media poster dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN Aik Ara Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Diniyati Aafini 1501060926.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya kesulitan siswa dalam menuangkan ide-ide atau gagasan dalam bentuk puisi dan juga keinginan siswa untuk menulis puisi masih kurang. Hal itu disebabkan oleh tidak adanya media pembelajaran yang menarik bagi siswa.Sehingga peneliti ingin menghadirkan sebuah media yang menarik bagi siswa yaitu media poster. Media poster merupakan gagasan yang dicetuskan dalam bentuk ilustrasi gambar yang disederhanakan yang dibuat dalam ukuran besar, yang bertujuan untuk menarik perhatian, membujuk, memotivasi, atau memperingatkan pada gagasan pokok, fakta atau peristiwa tertentu.Oleh karena itu media poster sangat cocok untuk merangsang siswa dalam berimajinasi dan mebuat siswa untuk bertindak kreatif dalam menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi melalui penerapan media poster pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Aik Ara Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 orang.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang berkesinambungan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media poster dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi diketahui dari hasil tes rata-rata pada siklus I sebesar 71,78% dengan ketuntasan klasikal mencapai 64% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 79,28% dengan ketuntasan klasikal 86,00%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster dapat meningkatkan kemmapuan siswa menulis puisi. Hal ini ditingkatkan dengan cara siswa mengamati media poster, menuliskan kata-kata yang sesuai dengan media poster, menegmbangkan ide beserta gagasannya kedalam puisi yang utuh dengan memperhatikan unsur-unsur puisi dan cara menulis puisi yang bak dan benar. Peningkatan hasil belajar diperoleh siswa di Kelas IV SDN Aik Ara tersebut adalah 22%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media belajar; media poster; menulis puisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:09
Last Modified: 30 Mar 2022 03:09
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2329

Actions (login required)

View Item View Item