Haryati, Mila (2021) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa SMA dalam pembelajaran online berbantuan google classroom ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Mila haryati 170103036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) ditinjau dari kemandirian belajar siswa Penelitian ini dilakukan pada kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Wanasaba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Wanasaba yang memiliki kemandirian belajar tinggi, kemandirian belajar sedang, dan kemandirian belajar rendah. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket kemandirian belajar, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan wawancara. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil analisis penelitian ini bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XII IPA 2 dalam pembelajaran online berbantuan google classroom ditinjau dari kemandirian belajar di SMA Negeri 1 Wanasaba terbagi menjadi tiga kategori yaitu 1) Siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi memenuhi 4 indikator pemecahan masalah yaitu memahami masalah, menentukan rencana penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali. 2) Siswa yang memiliki kemandirian belajar sedang memenuhi 2 indikator pemecahan masalah yaitu memahami masalah dan menentukan rencana penyelesaian masalah. 3) Siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah memenuhi 1 indikator pemecahan masalah yaitu memahami masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan siswa; pembelajaran online; media belajar; metode belajar; google classroom
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:40
Last Modified: 15 Mar 2022 03:40
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item View Item