Firdayanti, Aulia Nur (2021) Peran pembelajaran bahasa arab dalam menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang Narmada Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Aulia Nur Firdayanti 170102005_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Al- Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Melalui malaikat Jibril sebagai petunjuk kepada manusia bahkan seluruh alam. Segala yang berkaitan dengan al-Qur’an akan dinilai ibadah yang terbaik oleh Allah SWT. Termasuk di dalamnya mempelajari, mengajarkan, mengamalkan dan menghafal al-Qur’an. al- Qur’an diturunkan dengan berbahasa Arab, sehingga mempelajari bahasa Arab merupakan ibadah. Dan ternyata mempelajari bahasa Arab memiliki peran dalam proses menghafal al-Qur’an. Pembelajaran bahasa Arab memiliki banyak tujuan. Salah satunya adalah memudahkan dalam proses menghafal al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab, proses menghafal al- Qur’an dan peran pembelajaran bahasa Arab dalam menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang Narmada. Pendekatan penelitian pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebab masalah yang diteliti berupa kegiatan, keadaan atau kondisi yang terjadi di lapangan. Sehingga data yang didapatkan berupa data-data deskriptif atau naratif yang sesuai dengan keadaan asli di lapangan. Dan hasil penelitiannya menunjukkan pembelajaran bahasa Arab memilki peran dalam menghafal Al-Qur’an karena untuk mengetahui makna dari setiap ayat atau kandungan ayat Al-Qur’an sangat diperlukan untuk mempelajari bahasa Arab terlebih dahulu. Pembelajaran bahasa Arab juga memiliki peran yang sangat besar dalam proses menghafal Al-Qur’an, karena santri yang mengetahui kaidah bahasa Arab, I’rab dan terbiasa belajar bahasa Arab akan lebih mudah menyelesaikan hafalan Qur’annya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; menghafal al-Qur’an; mufrodat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:45
Last Modified: 10 Mar 2022 03:45
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item View Item