Susanti, Nadia (2020) Analisis kemampuan siswa menyelesaikan soal pisa konten change and relationship level 1 - 6. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nadia Susanti 160103054 (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA Indonesia telah mengikuti studi PISA sejak tahun 2000 hingga 2018, namun hasil kemampuan literasi matematika yang dicapai masih sangat mengecewakan. Pengetahuan dan pemahaman tentang konsep matematika sangatlah penting, tetapi lebih penting lagi kemampuan untuk mengaktifkan kemampuan literasi matematika untuk memecahkan masalah matematika yang ada di kehidupan sehari-hari. Kemampuan literasi matematika siswa perlu dioptimalkan salah satunya dengan cara membiasakan pemberian soal PISA karena hasil PISA yang baik menunjukkan tingkat literasi matematika siswa yang baik pula Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan siswa menyelesaikan soal PISA konten change and relationship level 1 - 6. Subjek penelitian berjumlah enam siswa yang terdiri dari 3 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki kelas unggulan VIII 1 dan VIII 2 MTsN 1 Mataram. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes, melakukan wawancara terhadap informan, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data model Milles dan Hubberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan penelitian, dari enam siswa, lima siswa mampu menyelesaikan soal level 1 - 5 dan satu siswa mampu menyelesaikan soal level 6 dengan tepat, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas unggulan MTsN 1 Mataram dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship sebagian besar siswa mampu mencapai soal level 5 atau level high. Dalam penyelesaian soal level 6, kelima subjek mengalami kekeliruan dalam pemanfaatan informasi soal sehingga berdampak pada penggunaan strategi penyelesaian yang kurang tepat, adapula yang mengalami kekeliruan dalam perhitungan angka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: analisis kemampuan; literasi matematika; PISA; change and relationsip
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:00
Last Modified: 15 Jun 2021 03:00
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item