Hasmiati, Hasmiati (2020) Strategi pembelajaran tahfidzul qur’an dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Madani Lengkok. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hasmiati 160101077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Keberhasilan seseorang dalam menghafal Al-Qur’an ditentukan oleh strategi yang digunakan dandisusun secara khusus dalam meningkatkan hafalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an Santri, sertabagaimana kemampuan para santri dalam menghafal Al-Qur’an. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tempat penelitiannya di pondok pesantren Al-Madani Lengkok, Desa Lengkok, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan adalah: pertama, Strategi Persiapan (Memperbaiki Niatnya, Menjaga Wudhu, dan Mengetahui Hikmah Menghafal Al-Qur’an), Strategi Penguatan (Tikrar/Mengulang Hafalan, Pembinaan yang Intens dari Mudhabir, dan Menetapkan Target Menghafal), Strategi Retensi (Mengevaluasi Hafalan Santri), dan Talaqqi (Setoran Kepada Guru). Kedua, Kemampuan Menghafal Santri, kemampuan para santri dan santriwati di pondok pesantren Al-Madani Lengkok bisa dikatakan cukup bagus dan rata-rata santri disana memiliki tingkat kemampuan menghafal yaitu 85%, dan mereka semua disana memiliki kegigihan yang kuat dalam menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menghafal; metode belajar; tahfidzul qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:11
Last Modified: 07 Mar 2022 01:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item View Item