Wirya, Hardi Wira (2020) Strategi pemasaran produk tabungan mudharabah BNI Syariah cabang Mataram terhadap nasabah non muslim. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hardi Wira Wirya160404006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Adanya nasabah non muslim dalam bank syariah merupakan suatu kejanggalan bagi nasabah muslim yang beranggapan bahwa bank syariah merupakan bank bagi orang-orang muslim, tetapi kenyataannya, adanya masyarakat non muslim sebagai nasabah pada bank syariah merupakan hal yang baru seiring dengan perkembangan bank-bank syariah saat ini. Adanya nasabah non muslim pada BNI Syariah Cabang Mataram, pada dasarnya dapat dijadikan peluang pasar bagi BNI Syariah Mataram sebagai sumber dana untuk memperoleh dana dalam rangka dapat membiayai kegiatan operasionalnya. BNI Syariah mempunyai daya tarik tersendiri sehingga diminati oleh masyarakat luas. Karena sumber dana perbankan tidak akan cukup hanya dari nasabah muslim saja, tetapi juga dari seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Hal tersebut yang menuntut bank-bank syariah harus melakukan inovasi dan strategi dalam pemasaran produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi pemasaran produk tabungan mudharabah pada BNI Syariah cabang Mataram (2) Untuk mengetahui keunggulan strategi pemasaran produk tabungan mudharabah yang dilakukan BNI Syariah Cabang Mataram. Dilihat dari sumber datanya, penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Kemudian jika ditinjau dari sifat datanya, penelitian ini menggunakan pendekatan/penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan menjadikan orang-orang yang berada di wilayah lingkup kerja BNI Syariah Cabang Mataram sebagai informan atau sumber informasi utama dalam melengkapi dan menjelaskan data yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan dari penelitian ini menjelaskan tentang strategi pemasaran produk tabungan mudhârabah BNI Syariah Cabang Mataram, dari beberapa strategi yang telah dilakukan oleh BNI Syariah Cabang Mataram, bisa dibilang sudah cukup optimal, terutama dalam hal yang berkaitan dengan strategi yang dilakukan kepada nasabah non muslim. Karena berdasarkan hasil observasi dan wawancara strategi pemasaran yang dilakukan dalam mencari calon nasabah non-muslim sudah menimbulkan dampak yang cukup signifikan, disebabkan oleh strategi-strategi yang dilakukan oleh pihak BNI Syariah Cabang Mataram itu sendiri dengan terjun langsung kelapangan sehingga dari tahun ke tahun penambahan nasabah non muslim terus meningkat walaupun tidak sebanding dengan jumlah nasabah muslim yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran; mudarabah; bank syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:48
Last Modified: 05 Mar 2021 08:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item