Ikhwani, Ulfi Siti (2020) Studi pelaksanaan pembelajaran saintifik pada MTs di Kecamatan Labuapi Lombok Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Ulfi Siti Ikhwani 151145027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketrtarikan peneliti untuk menganalisis dan meneliti bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran IPA Biologi yang terdapat di tiga MTs di kecamatan Labuapi Lombok Barat. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran saintifik, bagaimana proses perancangan pembelajaran biologi menggunakan pendekatan saintifik, dan apa saja yang dapat menghambat proses penerapan pembelajaran saintifik Penelitian ini memfokuskan pada Studi Pelaksanaan Pendekatan Saintifik di MTs. Assa'adah, MTs Babussalam dan Mts. Darul Qur'an di Kecamatan Labuapi Lombok Barat. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif sebagai cara untuk mengetahui data dengan memanfaaatkan teori yang ada. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penampulan data menggunakan meetode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Hasil dari pelaksanaan pembelajaran pendekatan di MTs Assa'adah, MTs. Babussalam, dan MTs. Darul Qur'an kelas VIII dengan tahap-tahapan pada pendekatan saintifik seperti mengamati, menanya, Mernalar, mengumpulkan informasi, dan mencoba (Eksperimen). Dari tiga MTs yang menjadi objek pengamatan peneliti, bahwasanya ke tiga MTs tersebut telah menerapkan Kurikulum 2013. Namun pada penerapannya masih ada Mts yang belum sesuai dengan lagkah-langkah saintifik. Adapun kendala yang di alami ketika menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran biologi pada yaitu belum tersedianya Laboratorium sehingga masih menggunakan cara sederhana. Adapun MTs yang telah tersedianya Laboratorium tetapi alat dan bahan masih belum lengkap IPA sehingga sedikit menghambat penerapan saintifik pada mata pelajaran IPA biologi, serta peserta didik ngantuk ketika mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran saintifik; proses pembelajaran; metode belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 02:37 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 02:37 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2165 |
Actions (login required)
View Item |