Yuliani, Yuliani (2016) Penerapan metode belajar halaqoh dalam meningkatkan hasil belajar santri tingkat IV madrasah diniyah pada mata pelajaran Fiqih di pondok pesantren Darul Falah Pagutan Kota Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yuliani 15121169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Berbagai macam lembaga pendidikan di Indonesia, baik lembaga pendidikan formal maupun non formal yang senantiasa eksis dan ikut serta berperan dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Salah satu lembaga pendidikan tersebut adalah pondok pesantren yang merupakan sebuah lembaga non formal, yang merupakan lembaga pendidikan tertua di negeri ini yang masih memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Dalam perkembangannya pada masa sekarang semakin banyak pondok pesantren yang menampung para santri dengan berbagai predikat yaitu ada berpredikat modern yakni dengan menambahkan materi-materi umum dan ada yang tetap mempertahankan predikat salafiyah yakni tidak memasukkan materi-materi umum. Seperti pondok pesantren Darul Falah Pagutan Kota Mataram, yang senantiasa mempertahankan predikat salafnya di tengah-tengah zaman era modern ini. Untuk itu peneliti hendak meneliti model pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren tersebut Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu sebuah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang diamati dari orang-orang atau subyek itu sendiri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui pengamatan, triangulasi, dan pengecekan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan metode belajar halaqoh dalam meningkatkan hasil belajar santri tingkat IV madrasah diniyah pada mata pelajaran fiqih di pondok pesantren darul falah pagutan kota mataram dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kitab kuning adalah metode sorogan, bandongan dan bathsul masa‟il/ musyawarah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; ilmu fiqh; halaqoh
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ateja Yudhi Septian
Date Deposited: 23 Apr 2021 01:22
Last Modified: 23 Apr 2021 01:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item