Bahari, Lalu Pradipta Jaya (2019) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi islam terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA I di MA Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Lalu Pradipta Jaya Bahari 160108027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi islam terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA I di MA Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan metode true experimental design. Penelitian ini mengunakan sampel dengan jumlah 42 siswa yang terbagi menjadi dua kelas dengan 19 siswa sebagai kelas eksperimen dan sisanya sebagai kelas kontrol. Kedua kelas ini diberi dua perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi islam sedangkan pada kelas control di beri perlakuan model pembelajaran konvensional. Kedua kelas diberikan soal tes yang sama untuk memperoleh hasil dari perlakuan. Berdasarkan analisis data menggunakan Uji T pada kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang dan pada kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang setelah dilakukan analisis data diperoleh thitung sebesar 5,06 dan ttabel sebesar 2.17 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel maka ada pengaruh atau hipotesis diterima (Ha diterima). Oleh karena itu hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi islam terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA I di MA Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi; hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Fisika |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:29 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:29 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1876 |
Actions (login required)
View Item |