Aini, Nurul (2020) Persepsi guru tentang penerapan multimetode dalam pembelajaran di kelas IV MI NW Badrussalam Sekarbela Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurul Aini 160106142.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru yang harus menguasai multimetode, karena metode sangat penting dalam proses belajar mengajar. Namun banyak guru hanya mengajar secara monoton yaitu menggunakan satu metode saja. Karena kurang menguasai metode dan kurang terampil dalam menerapkanya. Fokus yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimanakah persepsi guru tentang penerapan multimetode dalam pembelajaran di kelas IV MI NW Badrussalam Sekarbela Tahun Pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan untuk mendreskripsikan persepsi guru tentang penerapan multimetode dalam pembelajaran di kelas IV MI NW Badrussalam Sekarbela. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek pada penelitian ini guru kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah model Milles dan Huberman yaitu data Reduction, data Display, data Conclusion Drawing/Verification. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi guru tentang penerapan multimetode dalam pembelajaran di kelas IV MI NW Badrussalam Sekarbela adalah sangat penting, karena dengan menguasai multimetode dalam pembelajaran maka proses pembelajaran akan sangat menyenangkan, kreatif, inofatif, sehingga peserta didik bersemangat dan antusias dalam proses pembelajaran. Adapun kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penerapan multimetode pembelajaran adalah: (1) Kurangnya kemampuan guru dalam mengatur waktu. (2) Lemahnya kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran. (3) Kurangnya kemampuan guru dalam pengelolaan kelas. (4) Kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penerapan multimetode; guru; metode mengajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:29
Last Modified: 17 Jan 2022 03:29
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item View Item