Bahri, Khairul (2019) Pengembangan media pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berbasis adobe flash. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Khairul Bahri 1501030370.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan merupakan materi yang membutuhkan visualisasi yang jelas dalam pembelajarannya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu media yang dapat memvisualisasikan Penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dengan jelas dan mudah dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berbasis adobe flash. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk berupa media pembelajaran matematika berbasis adobe flash pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Hannafin dan Peck yang meliputi tiga tahap yaitu fase analisis kebutuhan, fase desain dan fase pengembangan/implementasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket media pembelajaran dan tes kemampuan awal dan akhir. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran ini yaitu berupa media pembelajaran matematika yang bersifat interaktif yang mampu mengajak siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Tahap validasi dilakukan oleh 3 orang ahli yaitu ahli materi, ahli pemrograman dan tampilan. Dari uji validasi ahli yang sudah dilaksanakan dihasilkan media pembelajaran yang “Valid” dengan rata-rata 4,00. Tahap terakhir pada fase ini adalah tahap uji efektifitas. Uji efektifitas terdiri dari uji terbatas dan uji lapangan. Uji terbatas terdiri dari 7 orang siswa dan uji lapangan pada siswa kelas VII MTs Nurul Arafah Praya terdiri dari 18 siswa. Adapun hasil belajarnya memenuhi ketuntasan belajar. Sehingga kesimpulan yang diperoleh bahwa media pembelajaran yang dihasilkan “Valid” dan “Efektif” digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media belajar; adobe flash; belajar penjumlahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 20 Dec 2021 08:56
Last Modified: 20 Dec 2021 08:56
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item View Item