Anisa, Anisa (2016) Penerapan model cooperative Learning tipe cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 2 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Anisah 151115077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Cooperative Script dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 2 Kediri. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes, kemudian dianalisis Deskriptif Kualitatif untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan di terapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan perolehan jumlah total skor pada siklus satu yaitu 8 dengan persentase 53,33%, pada siklus dua meningkat dengan perolehan jumlah total skor 10 dengan persentase sebesar 66% dan pada siklus tiga meningkat dengan dengan perolehan jumlah skor 11 dengan persentase sebesar 73%, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 57,69% dengan persentase ketuntasan 57,69% (kategori belum tuntas), pada siklus II meningkat dengan perolehan ratarata hasil belajar siswa yaitu 71,9% dengan persentase ketuntasan 73% (kategori belum tuntas), dan pada siklus III meningkat dengan perolehan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 77,69% dengan persentase ketuntasan 92%. Dengan demikian, penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script dapat direkomendasikan untuk diterapkan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran di sekolah. Simpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa Biologi meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe kooperatif script.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: belajar ; mengajar; guru; siswa; Cooperative Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ika Merdeka Wati
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:38
Last Modified: 15 Apr 2021 03:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item