Purwanti, Ita (2017) Peran guru aqidah akhlak dalam penanaman nilai keagamaan anak kelas VIII MTs NW Johar Pelita Sesela Lombok Barat Tahun Pelajarn 2016/2017. Other thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img] Text
Ita Purnama Sari 151121252.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA : Dalam proses penanaman nilai moral keagamaan anak seusia remaja diperlukan pengawasan dan pembinaan dari orang tua yang dLmana sebagai pendidi.k utama dalam keluarga dan sebagai wadah bagi anak dalam proses belajarnya, selanjutnya lingkungan sosial masyarakat yang merupakan lembaga pendidikan yang ketiga yang berperan untuk mengontrol anak agar menjadi anak didik yang berakhlak dan bermoral karena bagaimanapun juga dalam membina moral siswa lingkungan sekitarlah yang sangat berpengaruh te(hadap perilaku siswa terutama siswa yang kurang atau lemah dalam kontrol diri terhadap lingkungan yang mengarahkan perbuatan negatif. Dari sekian banyak guru di lingkungan sekolah , peran guru Aqidah Akhlak sangat besar sebab bidang studi Aqidah Akhlak merupakan bagian dari materi yang berkaitan erat dengan pembahasan pembinaan sik.ap terutama nilai moral. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawanca ra, metode dan dokumentasi. Pada metode observasi dan metode wawancara, data yang dicari yaitu data tentang peran guru dalam penanaman nilai moral keagamaan anak pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan faktor pendukung, faktor penghambat serta solusi yang djhadapi guru Akidah Akhlak dalam penanaman nilai moral keagamaan anak kelas Vl11 di MTs NW Johar Pelita, Sesela Lombok Barat tahun pelajaran 20I6/2017. Pada metode dokumentasi, data yang dicari adalah data tentang keadaan guru, keadaan siswa dan letak geografis madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahw dalam penanaman nilai m9ral peran gt)fll Aqidah Akhlak sangatlah penting dan yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak lebih menekankan pada nilai religius, disiplin, tanggung jawab dan demokratis. Di samping itu adapun faktor pendukung peran gu11,1 Aqic;lah Akhlak ac;lalah p ran g1.,m,1 c;lan $ mua $taf yang ac;la di lingkungan sekolah, visi misi dan tata tertib, penegakan kedisiplinan, serta peran keluarga dan masyarakat karena bagaimanapun juga faktor pendukung sangat dibutuhkan dan guru Aqidah Akhlak sulit mencapai tujuan tersebut tanpa adanya dukungan dari pihak lain. Hambatan yang paling dirasakan oleh guru Akidah Akhlak dalam menanam nilai moral siswa adalah kurangnya keasadaran dari siswa itu sendiri dalam pengaplik.asian materi dan tidak mentaati peraturan atau tata tertib sekolah, kurangnya sarana prasarana sekolah dan kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak. Adapun solusi yang bisa mengatasi hambatan tersebut yaitu pemberian motivasi dan arahan di setiap kegiatan belajar menhgajar, mengadakan pertemuan dengan orang tua wali guna untuk bermusyawarah untuk mencari solusi bersama.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: nilai moral; keagamaan; aqidah akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220311 Philosophical Psychology (incl. Moral Psychology and Philosophy of Action)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu Muh Hammam Tsani
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:19
Last Modified: 18 Feb 2021 04:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item