Risma, Hema (2020) Analisis penerapan prinsip kehati-hatian bank pada layanan e-banking di PT Bank BNI Syariah Cabang Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hema Risma 160205108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (978kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi peneliti seringnya terjadi permasalahan atau kasus kejahatan di perbankan baik itu konvensional maupunsyariah yang menggunakan modus penipuan dengan berbagai cara untuk membobol uang nasabah seperti: kasus penipuan jual beli online, card trapping, call center palsu, skimming card dan phising melalui produk layanan E-Banking bank yaitu ATM, mobile banking, internet banking, dan lain sebagainya yang menyebabkan uang nasabah hilang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip kehati-hatian bank pada layanan E-Banking di PT Bank BNI Syariah Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan tekhnik pengumpulan data yaitu dengan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun objek dari penelitian ini ialah PT Bank BNI Syariah Mataram. Hasil dari penelitian ini adalah pada PT Bank BNI Syariah Mataram telah menerapkan prinsip kehati-hatian bank tentunya pada semua kegiatan usaha khususnya pada layanan E-Banking ini. Di PT Bank BNI Syariah Mataram pada produk layanan E-Banking ini telah menjalankannya sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ada. Wujud nyata dari penerapan prinsip kehatihatian bank di PT Bank BNI Syariah Mataram ini ialah dengan menjaga keamanan dalam melakukan transaksi seperti: Melakukan semua kegiatan EBanking sesuai dengan SOP, memastikan situs web yang diaksses nasabah telah benar, mengedukasi nasabah tentang produk E-Banking dan memasang alat anti skimmer pada ATM. Selain itu bank juga selalu menjaga kerahasiaan data nasabah dengan tidak memberikan data nasabah kepada pihak yang tidak berhak atau berwenang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: layanan; e banking; bank syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 14 Sep 2021 07:19
Last Modified: 14 Sep 2021 07:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item View Item