Sumianti, Elia (2020) Peran customer service dalam meningkatkan citra perusahaan: studi pada PT. Bank Syariah Mandiri KC Pancor Lombok Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Elia Sumianti 160205118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Perkembangan ekonomi Islam di Indonesia dimulai pada akhir tahun 1980anyang melahirkan bank syariah, Bank syariah kini telah banyak bermunculan dengan berbagai program yang di tawarkan sehingga berdampak pada persaingan dunia usaha yang semakin meningkatbaik persaingan dalam bentuk jasa atau produk khususnya pada perbankan syariah adalah hal yang sangat penting, terlebih lagi hubungan yang dijalin dengan baik maka akan mempengaruhi kepada citra perusahaan tersebut dimana salah satu cara untuk meningkatkan citra perbankan adalah menyiapkan sumber daya anusia atau karyawan yang mampu menanganikeinginan dan kebutuhan nasabahnya. Karyawan yang diharapkan dapat melayani keinginan dan kebutuhan nasabah ini disebut customer service atau ada juga yang menyebutnya service asistensi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan empiris. Jenis data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat peneliti uraikan beberapa hal, yaitu; 1). Peran customer service dalam meningkatkan citra perusahaan diantarannya: Pertama, sebagai relation officer yang mempertahankan nasabah lama agar tetap setia. Kedua, ebagai salesman yang berusaha mendapatkan nasabah baru. Ketiga, sebagai garda terdepan yang memberikan pelayanan kepada nasabah. Kempat, sebagai deksman bagi nasabah yang membutuhkan informasi. Kelima, sebagai komunikator bagi nasabah yang menghadapi keluhan, customer service juga sebagai komunikator bagi nasabah yang menghadapi keluhan. 2).Faktor pendukung dan penghambat customer service dalam meningkatkan citra perusahaan, faktor pendukung diantraanya: Pertama, karyawan yang ada di BSM KC Pancor diberikan pelatihan. Kedua, SDM yang ada di BSM KC Pancor memiliki pendidikan formal. Ketiga, selalu dilakukan simulasi dalam bentuk role play untuk menguji kemampuan customer service dalam melayani nasabah. Selain itu adapun faktor penghambat diantaranya: Pertama, Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM). Kedua, Customer service yang tidak berasal dari sarjana syariah (Islam).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: customer service; perusahaan; relation officer
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:50
Last Modified: 08 Sep 2021 03:50
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1246

Actions (login required)

View Item View Item