Junaidi, Junaidi (2011) Penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan dramadi kelas V MI al-ikhlashiyah perampuan tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Junaidi231709020029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (555kB)

Abstract

INDONESIA: Skripsi yang, berjudul Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Drama di Kelas V MI Al-Ikhlashiyah Perampuan Tahun Pelajaran 2011/2012. Banyak factor yang menyebabkan keterampilan berbicara siswa menjadi rendah, yaitu factor internal daneksternal dari peserta didik sendiri. Faktor internal antara lain : Motivasibelajar, kebiasaan memakai bahasa ibu, dan rasa percaya diri, sedangkan factor eksternal adalah : factor yang ada diluar peserta didik pendidik sebagai Pembina kegiatan belajar, strategi pembelajaran, sarana prasarana, kurikulum dan lingkungan. Dengan demikian pendidik dituntut untuk merancang yang mampu mengembangkan kompetensi baik dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik, strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yang menciptakan suasana yang menyenangkan sangat diperlukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia.Oleh karena itulah penulis memilih model Pembelajaran Bermain Peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara Siswa Pada Pembelajaran bahasa Indonesia Pokok Bahasan Drama. Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas V MI Al-Ikhlashiyah Perampuan Tahun Pelajaran 2011/2012, denga jumlah pesert didik 15 orang. Dari hasil penelitian dan pembahasan, penulis apat menarik kesimpulan bahwa dengan penerapan metode bermain peran pada pembelajaran bahasa Indonesia pokok ahasan drama dengan meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan presenta seketuntasan belajar peserta didik pada tiap-tiap siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode bermain peran; keterampilan berbicara; drama
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lalu Muh Hammam Tsani
Date Deposited: 05 Aug 2021 15:42
Last Modified: 05 Aug 2021 15:42
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1120

Actions (login required)

View Item View Item