Budiarni, Dian (2020) Penerapan metode pembelajaran aktif tipe planted questions untuk meningkatkan hasil belajar IPA Kelas V di MI Dasan Bisa Kecamatan Wanasaba Lombok Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Dian Budiani 151149050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian peneliti terhadap hasil belajar peserta didik yang cukup rendah sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode planted questions dapat meningkatan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPA di kelas V MI NW Dasan Bisa Kecamatan Wansaba Lombok Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, satu siklus terdiri dari empat tahapan yang dimulai dari penemuan masalah, tahapan yang pertama yaitu perencanaan tindakan, kedua pelaksanaan tindakan, ketiga observasi tindakan, dan yang keempat refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk menentukan ketuntasan individu dan klasikal peserta didik dan data kualitatif untuk mengetahui keaktifan peserta didik serta keterlaksanaan penerapan metode planted questions oleh pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif tipe planted questions mampu meningkatkan hasil belajar IPA kelas V di MI NW Dasan Bisa Kecamatan Wanasaba Lombok Timur tahun pelajaran 2019/2020. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik sebesar 66, dengan jumlah persentase peserta didik yang tuntas 40%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik sebesar 90, dengan persentase ketuntasan klasikal 90%. Persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 50%. Persentase keaktifitan peserta didik pada siklus I yaitu 57,5% dengan kategori kurang aktif dan meningkat pada siklus II menjadi 92,5% dengan kategori sangat aktif. Persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 35%. Aktivitas pendidik pada siklus I persentase 67,5% dengan kategori terlaksana cukup baik dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kategori terlaksana baik, terdapat peningkatan 20%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; metode planted questions; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 22 Jul 2021 03:17
Last Modified: 22 Jul 2021 03:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1028

Actions (login required)

View Item View Item