Saparwadi, Saparwadi (2019) Kerjasama kepala madrasah dengan komite dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Nurun Hidayah Labulia TP. 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Saparwadi 151141073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana Bentuk Kerjasama Kepala Madrasah dengan Komite dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs. Nurul Hidayah Labulia TP. 2017/2018 dan (2) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi oleh kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTS. Nurul Hidayah Labulia TP. 2018/2019. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mencakup datareduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclution drawing/ verification. Dalam penelitian ini pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penilitiasn di MTs Nurul Hidayah dapat disimpulkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk kerjasama Kepala Madrasah dengan Ketua Komite dalam pelaksanaan pendidikan di MTs. Nurul Hidayah yaitu berbentuk pertemuan yang dilaksanakan pada awal tahun bersama pengurus RAPBM, kunjungan pihak madrasah ke rumah wali murid, masyarakat ke madrasah. (2) Mutu pendidikan di MTs. Nurul Hidayah dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu mutu input yaitu pelaksanaan penerimaan siswa baru yang telah tamat pada madrasah ibtidaiyah atau sederajat, mutu proses yaitu pelaksanaan kurikulum dan nkegiatan belajarmengajar (KBM), dan mutu output yaitu siswa yang menamatkan diri di MTs. Nurul Hidayah Labulia. (3) Kendala-kendala yang dihadapi Kepala Madrasah dengan Ketua Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Nurul Hidayah Labulia yaitu kurangnya ekonomi wali murid, kurangnya semangat gotong royong masyarakat. (4) upaya yang dilakukan Kepala Madrasah dengan Ketua Komite dalam mengatasinya adalah mengadakan bimbingan dan evaluasi kepada guru dan siswa dalam kegiatan belajar-mengajar serta menjalin kerjasama yang harmonis dengan masyarakat, baik masyarakat di lingkungan sekolah maupun masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah; komite; mutu pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:30
Last Modified: 14 Jul 2021 04:30
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item