Anwar, Muhammad Muslihat (2019) Strategi guru PAI dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kelas XII di SMAN 1 Gerung Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Muhammad Muslihat Anwar 1501010134.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Dalam usaha untuk mewujudkan suatu pendidikan yang berhasil dan menjadikan anak didik untuk semangat dalam belajar, maka perlu adanya seorang pendidik yang profesional diantaranya adalah harus mempunyai strategi tersendiri dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mudah difahami oleh peserta didik. Namun faktanya banyak ditemukan pendidik atau guru agama dalam mengembangkan pembelajaran sering tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh peserta didik, sehingga terjadinya kejenuhan atau tidak suka pada pelajaran agama. Padahal sebenarnya pendidikan agama Islam sangat penting dalam pembinaan peserta didik. Adapun untuk mengatasi kejenuhan-kejenuhan itu, maka seorang pendidik harus mempunyai strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik, sehingga mereka lebih bersemangat dan merasa senang dalam proses pembelajaran dan seorang pendidik pun bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Berangkat dari latar belakang itulah peneliti kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul Strategi Guru PAI Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas XII di SMAN 1 Gerung Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam memanfaatkan TIK di SMAN 1 Gerung serta mengetahui jenis-jenis media TIK yang dipakai dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat yang dihadapi guru PAI dan siswa dalam pembelajaran PAI. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Adapun metode Tehnik pengumpulan data adalah tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu, meningkatkan ketekunan, triangulasi. Hasil penelitian yang peneliti lakukan di SMAN 1 Gerung, maka dapat disimpulkan bahwa strategi guru PAI dalam memanfaatkan TIK adalah dengan menyesuaikan materi dengan media TIK yang akan dipakai. Adapun jenis-jenis media TIK yang digunakan adalah laptop, lcd proyektor, media audio visual, jaringan internet/wifi dan handphone android. Sedangkan faktor pendorong adalah fasilitas TIK disediakan di Sekolah dan kemampuan guru dalam mengoperasikan media TIK. Sedangkan faktor penghambat adalah keadaan ekonomi siswa yang lemah sehingga menyebabkan ada beberapa siswa-siswi yang tidak mempunyai handphone android,, akses internet yang sulit
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru; strategi mengajar; teknologi informasi dan komunikasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 02:35 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 02:35 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/983 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |