Jubaidah, Jubaidah (2011) Profesionalisme guru dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Al-Munawwarah Kecamatan Sape Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Jubaidah231709020267.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (623kB)

Abstract

Profesionalisme guru merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian. Profesionalisme yang di maksud dalam skripsi ini adalah guru Fiqih yang professional. Adapun guru professional itu sendiri adalah guru yang berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa, yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang jebih baik Kompetensi guru yang diteliti meliputi empat kategori. Pertama, kemampuan guru dalam merencanakan program belajar mengajar. Kedua, kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran. Ketiga, kemampuan guru dalam melaksanakan dan memimpin/mengelola proses belajar mengajar. Dan keempat, kemampuan dalam menilai kemajuan proses belajar mengajar. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat ditunjukkan dalam bentuk nilai yang diberikan guru berupa raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang studi yang telah dipelajari oleh pesrta didik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dua bentuk metode penelitian. Pertama, penulis menggunakan metode penelitian library research, melalui penelitian ini penulis berusaha mengkaji buku-buku serta tulisan ilmiah yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam skripsi ini. Kedua, menggunakan penelitian field research, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke MI AL-Munawwarah Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui angket yang diberikan kepada peserta didik kelas V dan VI yang dipilih secara acak, kemudian dengan observasi, wawancara dan dengan studi dokumentasi. Setelah data-data tersebut diperoleh, penulis menganalisis data dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus product momen dan menggunakan rumus koefisien determinasi untuk mengetahui kontribusi kedua Variabel X dan Y. Selanjutnya penulis menyimpulkan hasil penelitian dalam bentuk analisis interpretasi data. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalisme guru dalam bidang studi fiqih dengan prestasi belajar siswa di MI AL-Munawwarah Kec.Sape Kab.Bima.Kontribusi profesionalisme guru fiqih terhdap prestasi belajar siawa adalah 50%. Dengan kata lain, prestasi belajar siswa di MI AL-Munawwarah Kec. Sape Kab. Bima.ditentukan atau dipengaruhi oleh tingkat profesionalisme guru sebanyak 50%, dan 50% lagi ditentukan oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme guru; prestasi belajar; fiqih
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lalu Muh Hammam Tsani
Date Deposited: 28 Jun 2021 13:13
Last Modified: 28 Jun 2021 13:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item