Hadi, Irwan (2011) Urgensi kreativitas mengajar guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Ar-Rasyidi NW Penimbung T.A. 2010/2011. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Irwan Hadi15109100015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA: Urgensi kreativitas mengajar guru memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, Oleh karena itu berdasarakan pengalaman dan pengamatan bahwa proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rasyiadi NW Penimbung Gunungsari Lombok Barat, umumnya masih menggunakan pola pendekatan yang bersifat klasik, guru lebih mendominasi proses pembelajaran dengan metode ceramah, latihan menjawab soal-soal, sedangkan siswa hanya duduk mendengar, mencatat, menghafal dan mengerjakan soal secara individu di tempat duduk masing-masing. Proses pembelajaran seperti di atas dapat menimbulkan kejenuhan dan kebosanan bagi siswa. Akhirnya peserta didik tidak mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah dan ketuntasan belajar tidak tercapai. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan, kreativitas mengajar guru tidak pernah diterapkan pada pembelajaran klasikal di Madrasah umumnya, atas dasar inilah peneliti mengangkat permasalahan ini. Dengan rumusan masalah, apa saja bentuk kreativitas mengajar guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Ar-Rasyidi NW Penimbung Gunungsari Lombok Barat tahun pelajaran 2010/2011 dan bagaimana motivasi belajar siswa di MI Ar-Rasyidi NW Penimbung Gunungsari Lombok Barat tahun pelajaran 2010/2011. Adapun tujuannya adalah ingin mengetahui deskriptif tentang kreativitas mengajar guru dalam meningkatkan motivasi belajar siawa di MI Ar-Rasyidi NW Penimbung Gunungsari Lombok Barat TP 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengutamakan data-data tentang proses penerapan kreativitas mengajar guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MI Ar-Rasyidi NW Penimbung Gunungsari Lombok Barat TP 2010/2011. Oleh karena itu prosedur pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan, bahwa kreativitas mengajar guru sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa karena kreativitas mengajar guru dalam proses belajar mengajar sangat diutamakan dan memegang peranan yang sangat penting, hanya saja kendala yang ditemukan adalah kurangnya media sebagai alat peraga, sehingga guru kualahan dalam memberikan penjelasan. Adapun saran-saran yang dapat diajukan adalah: memperhatikan kekurangan-kekurangan dalam proses belajar mengajar dan guru diharapkan untuk lebih banyak menciptakan kreativitas dalam menyampaikan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kreativitas mengajar; motivasi belajar; urgensi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu Muh Hammam Tsani
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:34
Last Modified: 28 Jun 2021 03:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item View Item