Hinziadi, M. (2020) Hubungan interaksi edukatif guru dan siswa dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI KELAS VII SMP Negeri 3 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
M.Hinziadi 160101089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Interaksi edukatif adalah salah satu bentuk interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan untuk pendidikan. Dengan interaksi edukatif diharapkan guru mampu mencapai tujuan pendidikan dengan baik. Karena apabila interaksi edukatif berlangsung tidak dengan semestinya tentu akan berdampak pada tujuan pendidikan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara interaksi edukatif guru dan siswa dengan minat belajar pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP N 3 Praya Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi hubungan antara interaksi edukatif guru dan siswa dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII SMP N 3 Praya Tengah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Praya Tengah, yang berjumlah 45 siswa. Karena populasinya tidak banyak maka diambil keseluruhan menjadi sampel. Pengumpulan data interaksi edukatif dan minat belajar siswa menggunakan angket. Setelah data terkumpul, data diolah menggunakan rumus korelasi product moment untuk melihat hubungan antara dua variabel dari hasil analisis diperoleh t hitung sebesar 3,231 dan t tabel sebesar 2,061 pada n = 45 dengan tarif signifikan 5% hal ini menunjukan bahwa t hitung = 3,231 > t tabel = 2,061,maka Ho di terima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi edukatif guru dan siswa dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas VII SMP N 3 Praya Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: guru; interaksi edukatif; minat belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 28 Jun 2021 01:58
Last Modified: 28 Jun 2021 01:58
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item