Idawati, Idawati (2011) Pemanfaatan koperasi sekolah sebagai media pembelajaran IPS terpadu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII.2 di SMp Negeri 5 Praya Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Idawati151076292.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (473kB)

Abstract

INDONESIA: Kondisi pembelajaran yang efektif setidaknya ditandai dengan mampunya guru melibatkan siswa secara aktif, sebab siswa sebagai subjek didik adalah yang merencanakan, dan ia sendiri yang melaksanakan belajar. Kondisi pembelajaran yang efektif ditandai dengan adanya minat dan perhatian siswa, minat merupakan suatu sifat yang relatif menetap pada diri seseorang. Minat ini besar sekali pengaruhnya terhadap belajar sebab dengan minat seseorang akan melakukan sesuatu yang diminatinya. Pembelajaran yang efektif ditandai dengan kemampuan seorang guru membangkitkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Pembelajaran yang efektif juga ditandai dengan adanya peragaan dalam pengajaran, dan harus dimulai dengan pengalaman langsung atau pengalaman kongkrit dan menuju kepada pengalaman yang lebih abstrak. Belajar akan lebih efektif jika dibantu dengan alat peraga pengajaran dibandingkan dengan tidak menggunakan alat peraga pengajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Praya Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2010/201, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 yang berjumlah 30 orang di SMP Negeri 5 Praya Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2010/2011, Objek dalam penelitian ini adalah pemanfaatan koperasi sekolah sebagai media pembelajaran IPS Terpadu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Negeri 5 Praya Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemanfaatan koperasi sekolah sebagai media pembelajaran IPS Terpadu pada pokok bahasan kegiatan koperasi sebagai pelaku ekonomi di masyarakat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII.2 SMPN 5 Praya Lombok tengah Tahun Pelajaran 2010/2011. Peningkatan ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata setiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 68,92 dan mengalami peningkatan prestasi belajar sebesar 12,06%. Dibandingkan dengan nilai rata-rata sebelum tindakan dengan memanfaatkan koperasi sebagai media pembelajaran IPS terpadu sebesar 61,5. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,66 dengan persentase peningkatan prestasi sebesar 27,90%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: koperasi; IPS; prestasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Lalu Muh Hammam Tsani
Date Deposited: 14 Jun 2021 03:28
Last Modified: 14 Jun 2021 03:28
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item