Mahmudah, Siti (2019) Hubungan antara konsep diri dengan tingkat keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII MTs Fajrul Hidayah Batujai Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Siti Mahmudah 151126199.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan tingkat keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di MTs Fajrul Hidayah Batujai Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII, dengan jumlah siswa sebanyak 60. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis regresi sederhana dan korelasi product moment yang diproses dengan program SPSS versi 16.0. Hasil perhitungan analisis data, diperoleh hasil Fhitung = 43,375 dengan signifikansi 0,05 dan Ftabel = 4,01. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (43,375>4,01) dengan P = 0,0000 < 0,05. Hasil analisis regresi regresi sederhana diperoleh nilai konstan sebesar 37,017. Koefisien regresi untuk konsep diri sebesar 0,588 sehingga model regresi sederhana yang diperoleh dapat dinyatakan sebagai berikut Y = 37,017 + 0,588X. Kontribusi efektif untuk variabel konsep diri terhadap keberhasilan belajar sebesar 42,8%. Siswa dengan tingkat keberhasilan yang tinggi cenderung memiliki konsep diri yang berbeda dengan siswa yang mempunyai tingkat keberhasilan belajar yang rendah di sekolah MTs Fajrul Hidayah. Siswa dengan tingkat keberhasilan yang tinggi memiliki konsep diri yang positif yaitu mempunyai kemampuan dan dapat melakukan penyesuaian diri yang kuat dengan siswa yang lain. Sedangkan, siswa dengan tingkat keberhasilan belajar yang rendah memiliki konsep diri yang negatif yaitu tidak mempunyai kemampuan dan kurang dapat melakukan penyesuaian diri yang kuat dengan siswa yang lain. Dengan demikian kesimpulannya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan tingkat keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di MTs Fajrul Hidayah Batujai tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konsep diri; hasil belajar; siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 09 Jun 2021 03:12
Last Modified: 09 Jun 2021 08:01
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item