Nuzula, Firdaus (2011) Penerapan pembelajaran cooperative learning strategi concept mapping pada mata pelajaran IPA dalam upaya mencapai ketuntasan belajar siswa pokok bahasan sumber daya alam (sda) di MI kelas V Nurul Islam Ganti Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Firdfaus Nuzula151079068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa strategi mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan sumber daya alam dengan menerapkan “Penerapan Pembelajaran Kooperative Learning Strategi Concept Mapping Pada Mata Pelajaran IPA Dalam Upaya Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Pokok Bahasan Sumber Daya Alam (SDAKelas V MI Nurul Islam Ganti Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2010/2011”. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari nilai setelah penerapan pembelajaran strategi Concept Mapping yaitu data yang diperoleh setiap akhir pertemuan, peningkatan prestasi belajar melalui tes dan aktivitas siswa melalui lembar observasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas V yang berjumlah 42siswa. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Nilai rata-rata pada siklus I yaitu 70,23 dengan persentase ketuntasan 8.09%, rata-rata siklus II meningkat menjad 77,61dengan persentase ketuntasan 8,80%. Aktivitas siswa juga meningkat dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I didapatkan rata-rata 20,67 (aktif), rata-rata siklus II meningkat menjadi 22,33 (aktif). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran strategi Concept Mapping dapat meningkatan prestasi belajar (nilai) siswa dari siklus I sampai dengan siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelajaran ipa; sumber daya alam; cooperative learning strategi concept mapping |
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050209 Natural Resource Management 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lalu Muh Hammam Tsani |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 01:42 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 01:42 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |