Solehah, Mar’atun (2020) Penerapan metode bercerita menggunakan media buku cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Lambu. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Mar'atun Solehah 160110072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bercerita menggunakan media buku cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Lambu. Peneliti menemukan beberapa cara yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran bercerita dianataranya rancangan pesiapan guru, persiapn media dan penilaian yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Lambu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi nonpartisipan, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verification. kemudian validitas data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian yang dilakukan di TK Negeri Pembina dalam menerapkan metode bercerita sekolah sudah menerapkannya dengan bagus guru dalam proses pembelajaran juga menyesuaikan dengan tingkat perkembangan yang dimiliki anak. Selain itu, dalam proses pembelajaran dalam kelas guru sudah menyediakan media buku cerita bergambar sehingga anak-anak tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran. Namun masih ada kendala-kendalah yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran metode bercerita dengan menggunakan media buku cerita bergambar yaitu ekspersi guru yang masih kaku serta kurang kreatif. Penerapan metode bercerita dengan menggunakan media buku cerita bergambar dapat memberikan tingkat kemampuan berbicara anak. Hal ini terlihat dari indikator tingkat pencapaian kemampuan perkembangan bahasa anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; metode cerita; media belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 01:42 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 01:42 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |