Safarudin, Lalu Muhamad (2011) Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan praktek Sholat pada Kelas IV SDN 5 Peresak Narmada Lombok Barat Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lalu Muhamad Safarudin231709000026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (458kB)

Abstract

INDONESIA: Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh aktivitas siswa yang belum optimal serta rendahnya hasil belajar siswa yang belum memenuhi kreteria ketuntasan minimal. Hal ini disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran masih sangat konvensional dan monoton seperti mencatat buku sampai habis sehingga siswa merasa jenuh dan akhirnya pelajaran tidak mampu dikuasai dengan baik khususnya pada pelajaran tentang sholat. Masalah yang kami angkat dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan praktek sholat pada Kelas IV SDN 5 Peresak Kecamatan Narmada Lombok Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 ? Penelitian ini dilakukan kelas IV SDN 5 Peresak dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. penelitian ini berlangsung dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Data Kegiatan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dikumpulkan dengan lembar observasi dan lembar pengamatan. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I terlihat peningkatan hasil belajar dari rata-rata 7,8 dengan pencapaian hasil 86%, setelah pelaksanaan siklus I meningkat menjadi 82 dengan pencapaian 9,1%. Jadi terdapat peningkatan 0,4 atau peningkatan sebesar 5%. Sementara peningkatan prestasi belajar meningkat dari perolehan nilai rata-rata 5,3 meningkat menjadi 6,8. Sehingga terjadi peningkatan juga sebesar 1,5. Sedangkan pada siklus II Terlihat peningkatan hasil belajar dari rata-rata 82 setelah pelaksanaan siklus II meningkat menjadi 87 dengan persentase 97% atau meningkat 0,5 (6%) setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II. Dari hasil yang diperoleh pada siklus I dan II terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan praktek sholat pada kelas IV SDN 5 Peresak Kecamatan Narmada Lombok Barat Tahun Pelajaran 2011/2012”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: shalat; demonstrasi; praktik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu Muh Hammam Tsani
Date Deposited: 20 May 2021 12:59
Last Modified: 20 May 2021 12:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item