Hikmah, Hikmah (2011) Perbandingan metode learning starts with a question dan model group investigation terhadap tingkat prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsumsi dan investasi IPS Kelas X SMA I Pujut Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Hikmah151076084.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (644kB) |
Abstract
INDONESIA: Belajar sebagai konsep mendapatkan pengetahuan dalam praktiknya banyak dianut. Guru bertindak sebagai pengajar yang berusaha memberikan ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya dan peserta didik giat mengumpulkan atau menerimanya. Proses belajar mengajar ini banyak didominasi aktivitas menghafal. Peserta didik sudah belajar jika mereka sudah hafal dengan hal-hal yang telah dipelajarinya. Sudah barang tentu pengertian belajar seperti ini secara esensial belum memadai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menurut Sugiyono penelitian kuantitatif adalah “metode ini sebagai metode ilmiah/scientific karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu konkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Metode ini juga disebut metode discovery, karena dengan metode ini dapat ditemukan dan dikembangkan berbagai iptek baru. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik”. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis nilai angket yang disebarkan pada kedua kelas yaitu kelas X-A dan X-B dan hasil nilai test siswa dapat disimpulkan bahwa “Tidak terdapat perbedaan metode Learning Starts With a Question dan model Group Investigation terhadap tingkat prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsumsi dan investasi IPS kelas X-A dan X-B di SMA I Pujut Lombok Tengah tahun pelajaran 2010-2011”. Dengan demikian (Ha) yang diajukan pada BAB II ditolak. Hal ini terbukti setelah dilakukan analisis dengan menggunakan rumus statistik uji-t, dimana t =0,438 lebih besar dari pada t =2,021 dengan taraf signifikan 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning starts with a question; group investigation; prestasi belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Lalu Muh Hammam Tsani |
Date Deposited: | 19 May 2021 15:06 |
Last Modified: | 19 May 2021 15:06 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |