Prihartati, Yuli (2017) Dampak lingkungan sosial pendidikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTs NW Karang Bata Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yuli Prihartati 151136026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengeetahui kondisi lingkungan sekolah siswa, apa yang menjadi motivasi siswa dalam belajar, cara guru memanfaatkan lingkugan sekolah sebagai sumber belajar, dan dampak lingkungan sosial sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MTs NW Karang Bata. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian lebih memfokuskan pada masalah lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MTs NW Karang Bata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara (interview), observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa kondisi lingkungan sosial sekolah dapat dapat memotivasi belajar siswa. Lingkungan yang bersih dan nyaman akan memudahkan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Yang menjadi motivasi siswa dalam belajar adalah guru memberikan hadiah atau pujian kepada siswa yang berprestasi. Siswa lebih termotivasi apabila guru memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa. Lingkungan sekolah di MTs NW Karang Bata memberikan dampak yang sangat besar terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan sosial pendidikan; motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 20 Sep 2022 23:29
Last Modified: 28 Sep 2022 03:02
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item