Oktaviani, Santika (2016) Pengaruh metode pembelajaran air (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Islam Daruttanwir Desa Puyung Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Santika Oktaviani 151106138.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Metode pembelajaran AIR merupakan akronim dari, Auditory yang bermakna bahawa belajar haruslah dengan melalui mendengarkan, presentasi dan berargumentasi. Intellectually bemakna bahwa belajar dengan menggunakan kemempun berfikir. Sedangkan Repetition adalah pengulangan yang bermakna pendalaman, pementapan dengan cara siswa dilatih melalui pemberian tugas atau kuis. Apabila guru mampu mengelola kelas dengan baik, dengan penggunaan metode dan media yang tepat saat mengajar, pengusaan materi yang baik serta mampu mengendalikan situasi dan kondisi proses belajar mengajar, maka membuat siswa dapat belajar dengan giat yang dengan sendirinya dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh metode pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP Islam Daruttanwir Desa Puyung tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design yang dilakukan pada kelas VII di SMP Islam Daruttanwir Desa Puyung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari 20 item soal yang sudah melewati uji valilitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 86,8421 lebih besar dibandingkan pada kelas kontol yang sebesar 76,4286. Disini dapat disimpulkan bahwa kemampuan akhir siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh nilai akhir (posttest) yaitu nilai t hitung > t tabel (3,698>2,040) dan signifikansi < 0,05 (0,001<0,05) maka Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) ; hasil belajar siswa.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 20 Sep 2022 23:35
Last Modified: 27 Sep 2022 07:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item