Rahmah, ST (2015) Pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar IPS terpadu Kelas VIII Mts. Al-Madaniyah Jempong Baru Mataram tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
ST Rahmah 151106225.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (917kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTs Al-Madaniyah mataram tahun ajaran 2014/2015 dan hipotesis Alternatif yaitu Penggunaan Media gambar dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTs Al-Madaniyah mataram tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi ekpesperimental, pengambilan sampel penelitian secara tidak random sampling dikatakan simple (sederhana) karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Cara demikian dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Cara demikian dilakukan bila anggota populasi dianggap homogen. Data hasil belajar diperoleh dari hasil post-test. Hasil post-test di peroleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77 dan kelas kontrol sebesar 74,31818. Data post-testkedua kelas dianalisis menggunakan uji t-test dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung sebesar 6,725> ttabel sebesar 1,681 dengan taraf signifikan 5 % kemudian taraf signifikannya tidak menggunakan 1 % karena semakin kecil tingkat taraf kesalahan yang ditetapkan, maka interval estimate-nya semakin lebar, sehingga tingkat ketelitian taksiran semakin rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di MTs Al-Madaniah tahun ajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media gambar; hasil belajar; perubahan pola belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ateja Yudhi Septian
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:36
Last Modified: 28 Dec 2021 02:36
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item