Dampak pariwisata terhadap perilaku beragama remaja (studi kasus di Desa Suranadi Kecamatan Narmada Lombok Barat)

Ulaningrat, Bq. Dewi (2015) Dampak pariwisata terhadap perilaku beragama remaja (studi kasus di Desa Suranadi Kecamatan Narmada Lombok Barat). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Bq. Dewi Ulaningrat 151101200.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pariwisata sebagai industri makin berkembang hal ini dapat dibuktikan dengan makin banyaknya fasilitas-fasilitas yang disediakan, di samping itu pariwisata sebagai ilmu akan menjadi produk dan faktor pendorong bagi kemajuan bangsa Indonesia yang memiliki potensi sangat besar. Dengan demikian kondisi pariwisata di Indonesia khususnya Desa Suranadi Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat telah menampilkan fungsinya dalam mengembangkan dan menyumbangkan kontribusinya terhadap kehidupan ekonomi sosial dan budaya bangsa. Tujuan penelitian ini adalah Ingin mengetahui dampak pariwisata terhadap perilaku beragama remaja Desa Suranadi Kecamatan Narmada Lombok Barat, dan ingin mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam menangani perilaku remaja di daerah pariwisata di Desa Suranadi Kecamatan Narmada Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan bentuk deskriftif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dampak positif yang disebabkan oleh adanya pariwisata dapat berupa: (a) para remaja tetap melakukan ibadahnya meskipun sedang bersama dengan para wisatawan, (b) tetap aktif dalam kegiatan remaja masjid, (c) para remaja Desa Suranadi memiliki kesibukkan selain dengan pariwisata seperti mengadakan perlombaan di setiap perayaan Maulid Nabi, membentuk panitia, Hari Raya Kurban, Idul Fitri dan kegiatan agama lainnya. Sementara dampak negatif yang diakibatkan oleh adanya pariwisata di Desa Suranadi dapat berupa: (a) Banyak para remaja yang mengenal minuman keras, (b) Berkurangnya ibadah ghairu mahdhah, (c) Banyaknya remaja yang mengadakan balap liar, (d) Banyak remaja yang berpakaian tidak sesuai dengan ajaran agama. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa diantaranya: (a) memberikan penyuluhan yang berkaitan dengan bahayanya minum minuman keras, (b) mengadakan yasinan barsama yang dilakukan secara bergilir di rumah warga sesuai dengn jadwal yang ada setiap malam jum’at dan malam rabu, (c) setiap tahun mengadakan pelatihan-pelatihan mengenai sadar wisata di lingkungan pariwisata yang biasanya disebut Darwis hal ini dilakukan agar para remaja yang gemar melakukan balap liar akan merubah kebiasaannya untuk mengikuti kegiatan yang diadakan oleh pemerintah setempat, (d) mendatangkan tuan guru dari luar diharapkan mampu memberikan pengarahan terhadap masyarakat khususnya remaja agar merubah gaya hidup mereka seperti yang telah ditetapkan dalam agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dampak Pariwisata, Perilaku Beragama Remaja
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150699 Tourism not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 31 May 2018 04:14
Last Modified: 31 May 2018 04:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item View Item