Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an melalui metode iqro' pada santriwan/santriwati di TPQ Nurul Islam Karang Pule Sekarbela Kota Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015

Nelita, Norma (2015) Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an melalui metode iqro' pada santriwan/santriwati di TPQ Nurul Islam Karang Pule Sekarbela Kota Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Norma Nelita 151101126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Iqro’ pada santriwan/santriwati di TPQ Nurul Islam Karang Pule Sekarbela Kota Mataram Tahun Ajaran 2014/2015, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santriwan/santriwati TPQ Nurul Islam Karang Pule Sekarbela Kota Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif agar bisa memperoleh keterangan-keterangan yang luas dan mendalam mengenai upaya kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Iqro’ di TPQ Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram.Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah ketua TPQ dan ustadzah yang ada di TPQ sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Iqro’ tersebut.Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam melakukan analisis data, peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan penerapan analisis data secara induktif, yaitu analisis data yang brangkat dari permasalahan khusus kemudian mengambil kesimpulaan secara umum.Tujuan dari penelitian kualitatif deskriptif adalah mengungkap fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya. Dalam mencari validitas data, peneliti menggunakan3 teknik, yaitu ketekunan pengamatan, kecukupan referensi dan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, bahwa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Iqro’ di TPQ Nurul Islam memiliki tujuan untuk menjadikan anak didiknya agar mampu membaca al-Qur’an melalui metode Iqro’ dan upaya yang telah dilakukan sudah maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca al-Qur’an, Metode Iqro’
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 31 May 2018 03:28
Last Modified: 31 May 2018 03:28
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item View Item