Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Islam Abhariyah Jerneng Terong Tawah Tahun Pelajaran 2013/2014

Iwan, Iwan (2014) Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Islam Abhariyah Jerneng Terong Tawah Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Iwan 151091099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjeknya adalah kelas VII SMP Islam Abhariyah. Pengambilan sampel dilakukan secara sampling jenuh, karena semua populasi digunakan sebagai sampel. Yang menjadi sampel semua siswa kelas VII yang berjumlah 44 orang, kelas VII A digunakan sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 orang dan kelas VII B digunakan sebagai kelas kontrol berjumlah 23 orang. Tehnik pengumpulan data dengan metode observasi dan tes. Analisis dilakukan dengan analisis data hasil observasi terkait keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian t-test. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer, maka diperoleh persentase aktivitas guru kelas eksperimen sebanyak 93,7 % dan kelas kontrol sebanyak 87,5 %. Sedangkan persentase aktivitas siswa kelas eksperimen sebanyak 95,8 % dan kelas kontrol sebanyak 76,2. Tes hasil belajar siswa kelas eksperimen posttest 76,43 dan pretest 53,81 sedangkan kelas kontrol posttest 63,91 dan pretest 51,74. Hasil analisis t-tes diperoleh nilai thitung = 4,10 dan nilai ttabel dengan db= n1+n2-2 (21+23-2= 42) pada taraf signifikansi 1% adalah 2,42. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengruh tehadap hasil belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Abhariyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tipe TGT, Hasil Belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 31 May 2018 01:35
Last Modified: 31 May 2018 01:36
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item