Peran TGH. Mustofa Umar Abdul Aziz dalam pengelolaan Pondok Pesantren Al-Aziziyah Kapek Gunung Sari Lombok Barat Tahun 2014

Fahmi, Zahrul (2015) Peran TGH. Mustofa Umar Abdul Aziz dalam pengelolaan Pondok Pesantren Al-Aziziyah Kapek Gunung Sari Lombok Barat Tahun 2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Zahrul Fahmi 151101112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada hakikatnya antara politik dan Islam tidak dapat dipisahkan, politik Islam merupakan aktivitas politik sebagian umat Islam yang menjadikan Islam sebagai acuan nilai dan basis solidaritas berkelompok. Rumusan masalah pada penelitian ini yitu 1)Bagaimana pandangan masyarakat terhadap TGH. Najmul Akhyar yang masuk ke dalam politik praktis menjadi wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara? 2) Bagaimana dampak dari TGH. Najmul Akhyar masuk ke dalam politik praktis menjadi Wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu yang berusaha memanfaatkan teori-teori yang dihubungkan dengan kenyataan di lapangan kemudian dilakukan anlisis dengan menggunakan model Huberman dan Milles yang berisikan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Pandangan masyarakat terhadap keterlibatan TGH Najmul Akhyar menjadi wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara, ada yang mendukung dan ada yang tidak sedangkan dampak positif dari TGH. Najmul Akhyar masuk ke dalam politik praktis menjadi Wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara yaitu terwujudnya pendidikan yang lebih baik sedangkan dampak negatif dari TGH. Najmul Akhyar masuk ke dalam politik praktis menjadi Wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara yaitu kurangnya kesempatan untuk mengurus Ponpes Hidayaturrahman NW Menggala. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 1) pandangan masyarakat terhadap TGH. Najmul Akhyar yang masuk ke dalam politik praktis menjadi Wakil Bupati Kabuaten Lombok Utara bervariasi yaitu ada yang mendukung dan ada yang tidak mendukung. Hal ini terbukti dari adanya masyarakat yang memberikan apresiasi yang tinggi dengan masuknya dalam politik praktis menjadi wakil bupati Lombok Utara. Sedangkan yang kontra memberikan kritik kepada TGH. Najmul Akhyar karena beliau merupakan figur yang seharusnya membina ummat agar memahami ajaran agama secara baik 2) dampak dari TGH. Najmul Akhyar masuk ke dalam politik praktis menjadi Wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara a) dampak positif dari TGH. Najmul Akhyar masuk ke dalam politik praktis menjadi Wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara yaitu terwujudnya pendidikan yang pro rakyat, adanya kegiatan berbasis sosial keagamaan dan menanamkan kepedulian sosial, b) dampak negatif dari TGH. Najmul Akhyar masuk ke dalam politik praktis menjadi Wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara yaitu kurangnya kesempatan untuk mengurus Ponpes Hidayaturrahman NW Menggala dan untuk mengisi pengajian umum dikalangan jama’ah pengajian yang sebelumnya beliau isi sekali dalam satu bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Politik TGH Najmul Akhyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 31 May 2018 01:06
Last Modified: 31 May 2018 01:06
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item View Item