Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran al-qur’an hadits untuk meningkatkan keterampilan membaca hukum bacaan mad pada siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah NW Tanak Beak Tahun Pelajaran 2017/2018

Wati, Hasmaya (2017) Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran al-qur’an hadits untuk meningkatkan keterampilan membaca hukum bacaan mad pada siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah NW Tanak Beak Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Hasmaya Wati151131210.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metodedemonstrasi dalam pembelajaran Al-Qur’an hadits untuk meningkatkanmketerampilan membaca hukum bacaan mad pada siswa kelas VIII MTs DarulmHikmah NW Tanak Beak Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) denganmsubyek penelitian siswa kelas VIII yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. keterampilan membaca hukum bacaan mad siswa dan aktivitas guru diambil dengan menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dari hasil keterampilan membaca hukum bacaan mad dan aktivitas guru kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif yaitu untuk mencari persentase ketuntasan keterampilan membaca hukum bacaan mad secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan membaca hukum bacaan mad, ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa pada siklus 1 diperoleh hasil observasi keterampilan membaca hukum bacaan mad siswa 40% terkategori kurang lancar dan aktivitas guru 59% terkategori cukup baik. Pada siklus II keterampilan membaca hukum bacaan mad siswa meningkat mencapai 85% terkategori lancar/sangat lancar dan aktivitas guru 69% terkategori baik. Adapun analisis hasil evaluasi pada siklus I pencapaian nilai rata-rata 24,45dan presentase ketuntasan klasikal 40%, dari 20 orang siswa 8 orang yang lancar/sangat lancar dan 12 orang yang cukup lancar. Dari nilai rata-rata persentase lancar/sangat lancar secara klasikal tersebut masih rendah belum mencapai target yang ditentukan. Pada siklus II yaitu hasil evaluasi yang diperoleh meningkat dengan pencapaian nilai rata-rata 32,3 dan persentase lancar/sangat lancar secara klasikal 85%. Dari 20 orang siswa 17 orang siswa yang lancar/sangat lancar dan 3 orang siswa yang cukup lancar. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Al-Qur’an hadits untuk meningkatkan keterampilan membaca hukum bacaan mad pada siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah NW Tanak Beak Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; Metode Demonstrasi; MTs Darul Hikmah NW Tanak Beak
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 28 May 2018 03:19
Last Modified: 28 May 2018 06:28
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item