MULUDIN, AHMAD (2016) Studi tentang model pembelajaran matematika efektif pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Pembina Mataram tahun 2015/2016. Other thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ahmad Muludin151114007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian yang berjudul “Studi Tentang Model pembelajaran matematika Efektif pada anak berkebutuhan khusus (studi kasus pada siswa tunagrahita SMP di SLB Negeri Pembina Mataram) tahun pelajaran 2015/2016” permasalahan yang ditemuakan dalam penelitian ini adalah (1) rendahnya motivasi belajar (2) gangguan emosi sesaat (3) gangguan berbahasa (4) gangguan ingatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model pembelajaran matematika efektif untuk siswa tunagrahita dan apa saja kendalakendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Dengan demikian peneliti bermaksud memberikan gambaran bagaimana model pembelajaran siswa tunagrahita pada kelas VIII SMPLBN Pembina Mataram dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berdasarkan studi kasus. Objek dari penelitian ini adalah mata pelajaran matematika dan yang menjadi subjek penelitian yaitu guru dan siswa tunagrahita di SMPLBN Pembina Mataram kelas VIII yang terdiri dari 7 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain; observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif. Maksudnya, peneliti melukiskan dan menafsirkan keadaan yang ditemukan langsung pada saat penelitian berlangsung. Hasil penelitian bagaimana model pembelajaran matematika efektif pada anak berkebutuhan khusus yang difokuskan pada siswa tunagrahita sangatlah berbeda dengan pembelajaran matematika pada siswa yang normal. Penggunaan metode mengajar yang dilakukan oleh guru matematika untuk mengajar adalah metode ceramah, latihan, dan penugasan. Yang berbeda adalah cara guru memberikan pemahaman yang lebih kepada siswa tunagrahita adalah guru selalu menggunakan pendekatan individu dan selalu menggunakan media visual serta alat peraga. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran tematik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil dari proses belajar siswa tunagrahita berbeda dengan proses yang digunakan anak normal. Akan tetapi dari segi kognitif siswa tunagrahita termasuk paham pada pembelajaran matematika yang sederhana, ini membuktikan model pembelajaran yang digunakan dapat menciptakan pemebelajaran matematika efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; matematika; kebutuhan khusus; siswa tunagrahita; slb
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130209 Medicine, Nursing and Health Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:35
Last Modified: 30 Jul 2024 03:35
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/692

Actions (login required)

View Item View Item