Muatan moralitas pada syair-syair pengiring tari Rudat. (Studi semiotika rudat setia budi, sanggar seni panca pesona, Dusun Terengan Tanak Ampar, Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara)

Prasetyani, Alifah Rahma (2018) Muatan moralitas pada syair-syair pengiring tari Rudat. (Studi semiotika rudat setia budi, sanggar seni panca pesona, Dusun Terengan Tanak Ampar, Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Alifah Rahma Prasetyani 153131037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan kesenian-kesenian lokal di Pulau lombok lambat laun mulai tergeserkan dengan budaya asing yang masuk di wilayah NTB, khususnya di Lombok Utara. Dimana saat ini Lombok Utara merupakan daerah pariwisata yang terus berkembang dan sering dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara. Masyarakat saat ini terutama anak muda, cenderung lebih menyukai budaya asing daripada budaya lokal yang seharusnya dilestarikan dan dijaga agar tidak punah. Mereka menganggap bahwa budaya lokal merupakan hal yang kuno dan sudah tidak zaman lagi. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran tentang nilai-nilai moral yang ingin disampaikan oleh Syair-Syair pengiring Tari Rudat Setia Budi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif interpretatif dengan menggunakan pendekatan teori semiotika dari pemikiran Ferdinand de Saussure, dalam teori ini membagi masing-masing teks yang kemudian diteliti berdasarkan konsep tanda, yaitu berdasarkan signifier (penanda) adalah citra tanda seperti dipersepsikan, signified (petanda) adalah konsep mental dari penanda, dan signification adalah hubungan antar keberadaan fisik tanda dan konsep mental (mengkaitkan dengan realita sosial yang terdapat dalam masyarakat).Sedangkan metodeanalisis data diawali dengan pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara kredibilitas data melalui triangulasi. Berdasarkan analisis data dan temuan yang dipaparkan untuk menjawab fokus penelitian.Peneliti menganalisis muatan moralitas syair-syair pengiring Tari Rudat dengan Teori Semiotika Ferdinand de Sausure, dari hasil penelitian, peneliti menemukan makna dalam Syair-Syair Pengiring Tari Rudat yaitu dalam tiga dimensi nilai moral dalam kehidupan manusia yaitu, 1) nilai yang terkait dengan diri-sendiri (nilai-nilai moral individu) yang terdapat padaSyair “Selamat Datang” baris 4-6, “Samodana” baris 5-7, Syair “Pemuda dan Pemudi” baris 1-8, Syair “Silak Bekarya” baris 1-4, dan Syair “Jauhi Bahaya Narkoba” baris 1-10. 2) nilai yang terkait dengan orang/makhluk lain (nilai-nilai moral sosial) yang kandung pada Syair “Selamat Datang´baris 1-2, “Samodana” baris 1, Syair “Iza Zalla” baris 1-2, dan Syair”Hayya Gannu” baris 4-6, serta 3) nilai yang terkait dengan Ketuhanan (Nilai-Nilai Moral Transendental) terkandung padaSyair”Abdau Bismillah”,Syair “Ilahi Tamemel”,Syair “Ya Rabbi bi Musthofa” dan Syair “Ilahi Ya Karim”. Syair-Syair pengiring Tari Rudat ini dapat berfungsi menyampaikan pesan moralitas dalam balutan musik islami yang sertai dengan tarian dan biasanya diikuti dengan pertunjukkan komidi Rudat ini dapat diterima masyarakat luas sehingga diharapkan masyarakat lebih menghormati dan menerapkan nilai-nilai moral yang terdapat pada Syair-Syair pengiring Tari Rudat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Muatan moralitas,Syair-Syair pengiring Tari Rudat, Teori Semiotika Ferdinad de Saussure
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160502 Arts and Cultural Policy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220311 Philosophical Psychology (incl. Moral Psychology and Philosophy of Action)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 21 May 2018 05:53
Last Modified: 21 May 2018 05:53
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item