Hubungan kecerdasan logis-matematis dengan kemampuan pemecahan masalah kontekstual matematika peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel

Jayanti, Anggi Dewi (2017) Hubungan kecerdasan logis-matematis dengan kemampuan pemecahan masalah kontekstual matematika peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Anggi Dewi Jayanti151134045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan logis-matematis dengan kemampuan pemecahan masalah kontekstual matematika peserta didik pada materi system persamaan linier dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Tunas Cendekia Mataram sebanyak 15 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 1 kelas yaitu kelas VIII dengan jumlah 15 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas yang dianalisis secara manual dan menggunakan software exel dengan rumus chi-kuadrat. Kemudian diuji besarnya koefisein korelasi antara variabel X dengan variabel Y. Hasil perhitungannya didapatkan korelasi variabel X dengan variabel Y sebesar 0,61. Kemudian dilakukan pengujian signifikansi untuk mengetahui makna hubungan variabel X dengan variabel Y menggunakan rumus thitung= √ Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung= 2,772. Apabila dikorelasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% diperoleh = 2,160, maka thitung= 2,772 > ttabel= 2,160. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan logis-matematis dengan kemampuan pemecahan masalah kontekstual matematika peserta didik pada materi sistim persamaan linier dua variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kontekstual; Cerdas; Logis-Matematis
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 16 May 2018 02:39
Last Modified: 16 May 2018 02:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item View Item