Pengaruh penerapan metode tanya jawab terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V b pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MIN Karang Baru Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Mirawati, Yeni (2017) Pengaruh penerapan metode tanya jawab terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V b pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MIN Karang Baru Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Yeni Mirawati151121162.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA pembelajaran yang bertujuan agar anak didik dapat mengetahui, memahami, mempergunakan dan menguasai bahan pelajaran tertentu. Mata pelajaran al- Qur’an Hadis juga salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diajarkan dimadrasah mulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah yang membahas tentang penjelasan dan pemahaman kandungan ayat al-Qur’an dan hadis Nabi sebagai pedoman hidup umat manusia dimana peran seorang guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar hasil belajar siswa bias mendapatkan nilai lebih baik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasV B MIN Karang Baru Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tiga puluh delapan. sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas V B yang berjumlah 38 siswa. Variabel yang diteliti adalah pengaruh penerapan metode Tanya jawab (X) dan hasil belajar (Y). Pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh penerapan metode tanya jawab terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V B pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MIN Karang Baru Mataram tahun pelajaran 2016/2017. apakah usaha-usaha yang dilakukan guru al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggunakan penerapan metode tanya jawab dan apakah kendala-kendala yang dihadapi guru al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam penerapan metode tanya jawab, siswa kelas V B di MIN Karang Baru Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan deskripsi data, analisis data, interpretasi data, dan kesimpulan ketiga ini dinyatakan bahwa hasil penelitian ini adalah menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis nol (Ho), yaitu terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan, memberikan kontribusi yang tinggi, dan linier antara penerapan metode Tanya jawab (variabel X) dan hasil belajar al-Qur’an Hadis (variabel Y) MIN Karang Baru Mataram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; hasil Belajar; MIN Karang Baru Mataram
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 15 May 2018 06:04
Last Modified: 15 May 2018 06:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item