Penerapan metode kisah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTs. Qur’aniyah Batu - Kuta Kec. Narmada Kab. Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Supianto, Wirno (2017) Penerapan metode kisah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTs. Qur’aniyah Batu - Kuta Kec. Narmada Kab. Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Wirno Supianto151101178.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan; Bagaimana Penerapan Metode Kisah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII A Di MTs. Quraniyah Batu Kuta Kec. Narmada Kab. Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A di MTs. Qur‟aniyah Batu Kuta Kec. Narmada Kab. Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017, karena prestasi belajar siswa kelas VIII A masih rendah dibandingkan siswa kelas VIII B, sehingga perlu diadakan upaya untuk meningkatkannya. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan wawancara dan observasi. Semua data dianalisis dalam bentuk data kuantitatif. Kajian ini menunjukkan bahwa: Perhatian anak didik siswa kelas VIII A MTs. Qur‟aniyah Batu Kuta kec. Narmada kab. Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 saat proses pembelajaran aqidah akhlak, pada tahap prasiklus sebanyak 9 siswa dengan tingakat keakfitan 45,45 %, sedangkan pada siklus I setelah penerapan metode kisah pada proses pembelajaran aqidah akhlak, perhatian anak didik menjadi sebanyak 15 siswa dengan tingkat keaktifan 60,61 % dan pada siklus II yang dilakukan dengan tetap menerapkan metode kisah pada proses pembelajaran aqidah akhlak, perhatian anak didik menjadi 19 siswa dengan tingkat keaktifan 77,27 %. Setelah digunakan metode kisah dalam proses pembelajaran aqidak akhlak,hasil belajar siswa kelas VIII A MTs. Qur‟aniayah Batu Kuta kec. Narmada kab. Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil belajar siswa pada tahap prasiklus nilai rata-rata kelas aqidah akhlak sebesar 64,14, sedangkan pada siklus I setelah penerapan metode kisah pada proses pembelajaran aqidah akhlak, hasil belajar siswa nilai rata-rata kelasnya menjadi 68,41, dan pada siklus II yang tetap menggunakan penerapan metode kisah pada proses pembelajaran aqidah akhlak, hasil belajar siswa menjadi 78,64

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; Akidah Akhlak; MTs. Qur’aniyah Batu - Kuta
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 15 May 2018 02:32
Last Modified: 15 May 2018 02:32
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item