Kerjasama guru dan orang tua dalam proses pembelajaran fiqih kelas VII MTs Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Wardyana, Wardyana (2017) Kerjasama guru dan orang tua dalam proses pembelajaran fiqih kelas VII MTs Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Wardyana151131129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Untuk meningkatkan prestasi belajara siswa dibutuhkan dukungan dari guru dan orang tua untuk bekerjasama menjalin hubungan yang erat dalam berusaha meningkatkan prestasi belajar. Dengan adanya kerjasama orang tua dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari guru dalam hal mendidik anak-anaknya, sebaliknya para guru dapat pula memperoleh keterangan dari orang tua tentang kehidupan dan sifat anak-anaknya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerjasama, usaha-usaha yang di lakukan oleh guru maupun orang tua dalam berusaha meningkatkan prestasi belajar anak-anaknya di MTs N 3 Mataram Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan terjun langsung kelapangan untuk meneliti dan menggali data mengenai bentuk kerjasama dan usaha-usaha yang di lakukan oleh guru dan orang tua bersifat deskriptif kualitatif yaitu menguraikan data-data dari hasil wawancara mendalam sesuai dengan data yang digali. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimanakah kerjasama guru dan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dan bagaimanakah upaya yang di lakukan oleh guru dan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Negeri 3 Mataram, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 3 bentuk kerjasama yang di lakukan oleh guru dan orang tua siswa di MTS N 3 Mataram, bentuk kerjasamanya adalah (1) terjalinya komunikasi atau interaksi edukatif (2) Saling membantu dan mendukung dalam meningkatkan aktifitas belajar sisw (3) Senantiasa saling mengenal dan berprasangka baik antara guru dan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Anaka; Orangtua
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 15 May 2018 02:03
Last Modified: 15 May 2018 02:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item