Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Riadhussholihin Thohir Yasin Kamasan Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Adawiyah, Ulfa Rabiatul (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Riadhussholihin Thohir Yasin Kamasan Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Ulfa Rabiatul Addawiyah151131057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi karena lemahnya pengetahuan para siswa dalam mempelajari mata pelajaran Aqidah Akhlak yang menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Aqidah Akhlak ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), yaitu model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau tim kecil yang beranggotakan 4-6 orang dengan sistem pengelompokan yang heterogen dimana dalam tahap pelaksanaannya meliputi tahap penomoran, pengajuan pertanyaan, berfikir bersama, dan menjawab pertanyaaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Riadhussholihin Thohir Yasin Kamasan Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Riadhussholihin Thohir Yasin Kamasan Mataram. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 85% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian sekripsi ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai ratarata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 62,73 (36,36%) yang berada pada kriteria kurang baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 91,36 (90,90%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 28,63.Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak pokok bahasan indahnya berperilaku terpuji (3) siswa kelas IV MI Riadhussholihin Thohir Yasin Kamasan Mataram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; MI Riadhussholihin Thohir Yasin; Model belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 14 May 2018 06:23
Last Modified: 14 May 2018 06:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item